Rabu, 17 Agustus 2011

HANGEUL (한글)

Sebelumnya saya mau minta maaf. Karena keterbatasan waktu yang saya miliki di sela-sela pekerjaan yang menumpuk sangat sedikit. Bahkan untuk bisa duduk menulis seperti ini di depan laptop sabtu pagi itu sangat sulit. Kebetulan pekerjaan hari ini cancel, jadi paling tidak saya bisa menyampa anda sekalian melalui postingan kali ini.

Kali ini saya akan membahas mengenai Hangeul itu sendiri. Sejarahnya seperti apa, siapa yang pertama kali membuatnya, dan apa tujuan dibuatnya huruf Hangeul ini. Mari kita belajar bersama teman...

(Berikut adalah tulisan-tulisan yang saya kutip dari Buku yang ditulis oleh Hasan Hwang 2011, seorang pakar bahasa Korea-Indonesia, dari Hankook University Foreign Students)

Hangeul adalah cara menulis bahasa Korea. Hangeul diciptakan oleh maharaja Sejong pada tahun 1443. Sebelum diciptakan Hangeul, Rakyat Korea menggunakan bahasa Korea tetapi hurufnya masih meminjam huruf dari China.

Hangeul menunjukkan kemandirian bangsa Korea dan terlepas dari pengaruh bangsa China. Pada saat itu, sebagian besar rakyat Korea kesulitan dalam mempelajari huruf China yang mengakibatkan rakyat Korea terutama golongan menengah ke bawah buta huruf. Maka diciptakanlah huruf Hangeul yang lebih mudah dipelajari.

Antara abjad Hangeul dan abjad Latin dalam penulisannya memiliki perbedaan yakni dalam penyusunan abjad Latin, vokal dan konsonan di gabung. Sedangkan penyusunan abjad Hangeul, vokal dan konsonan dipisah.


  • abjad Latin      : ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ
  • abjad Hangeul : Vokal (아, 야, 어, 여, 오, 요, 우, 유, 으, 이), Konsonan (ㄱ,ㄴ,ㄷ,ㄹ,ㅁ,...
Maharaja Sejong membuat huruf vokal Hangeul atas dasar filsafat bangsa Korea bercerminkan unsur alam dasar, yaitu : LANGIT (o), MANUSIA ( | ), TANAH ( ㅡ ) [천, 지, 인]


Demikian yang saya bisa tuliskan sedikit mengenai Hangeul itu sendiri. semoga teman-teman bisa lebih mengerti lagi. Selanjutnya saya akan kembali memposting beberapa materi singkat, yang mungkin sudah terlambat, namun gpp. Tidak ada kata terlambat untuk belajar! 화이팅!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar