Kamis, 17 Mei 2012

PARTIKEL SUBJEK, OBJEK, DAN PREDIKAT KALIMAT

Setelah belajar Vokal dan Konsonan serta bagaimana penulisan suku kata, saya percaya kalian telah mulai mencoba untuk menulis kata dalam bahasa Korea. Cara paling mudah untuk praktek adalah dengan menuliskan bahasa Indonesia ke dalam Hangeul. Contohnya : 아구 진다 가무 artinya "aku cinta kamu". Mudah kan??

Untuk lebih memperlengkapi lagi, kalian bisa mulai mencari kosa kata dalam bahasa Korea. Paling mudah untuk mendapatkan adalah dari menonton drama Korea yang menggunakan bahasa asli dan bukan dubbing. Dengan rajin mendengar dan menganalisa serta mempraktekkan, niscaya kosakata kalian akan sedikit demi sedikit bertambah. Kalian juga bisa belajar pola kalimat dari drama tersebut.

Nah, sesi kali ini saya akan memberikan tiga jenis predikat yang paling penting dalam kalimat sederhana Korea, yaitu partikel subjek, objek dan predikat.
Partikel ini sangat penting dalam kalimat karena menentukan posisi kata atau orang. Misalnya, aku sebagai subjek atau sebagai objek dalam suatu kalimat ditentukan oleh partikel yang digunakan. 나는 (na neun) berarti "saya" sebagai subjek sedangkan 나를 (na reul) berarti "saya" sebagai objek. Partikel juga tergantung dari jenis kalimat yang akan kita pakai. Partikel untuk kalimat formal berbeda dengan partikel untuk kalimat semi formal ataupun kalimat "casual" atau bahasa sehari-hari. Untuk lebih jelasnya, mari kita belajar sama-sama yuk!


1. Partikel Subjek

Untuk partikel subjek, ada dua jenis, yaitu :
a. 이 (untuk subjek yang berakhiran konsonan) dan 가 (untuk subjek yang berakhiran vokal)
    contohnya : 서현이 atau 승기가
    partikel ini biasanya digunakan untuk bahasa yang tidak terlalu formal.
b. 은 (untuk subjek yang berakhiran konsonan) dan 는 (untuk subjek yang berakhiran vokal)
    contohnya : 서현은 atau 승기는
    partikel ini biasanya digunakan untuk bahasa formal.

2. Partikel Objek

Untuk partikel objek, hanya ada satu jenis, yaitu 을 (untuk objek yang berakhiran konsonan) dan 를 (untuk objek yang berakhiran vokal). contohnya : 서현을 atau 승기를.

3. Partikel Predikat
Partikel predikat ini sangat berhubungan dengan cara penyelesaian kalimat. Untuk materi ini, akan saya bahas pada sesi selanjutnya ya... So, stay tune!!

Regards,
Dechie

Note : materi ini saya buat sendiri berdasarkan hasil belajar saya secara otodidak, baik dari internet maupun buku-buku yang saya beli dan pelajari sendiri. Jadi, saya menyusunnya dengan mengingat step-step yang saya lakukan ketika saya belajar pertama kali. Jika kalian ada usul mau membahas tentang apa, atau jika kalian punya saran, pertanyaan, dan kritik, jangan segan-segan untuk sampaikan kepada saya melalui email dechy_alor@yahoo.com
Thank's

Tidak ada komentar:

Posting Komentar